Puncak B29 Lumajang Yang Jadi Impian

Written By Udhatul Arifin on Kamis, 20 Maret 2014 | 07.57

PESONA WISATA B29


Ini dia tempat yang sangat indah dan selalu menjadi impianku sejak kecil, maklumlah ane kan anak Lumajang,,, jadi rugi jika tak pernah merasakan keindahannya, mari kita simak.....



Puncak B-29 adalah puncak bukit tertinggi di daerah lereng Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Puncak B-29 tepat berada kawasan agronomi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kawasan wisata B-29 Argosari merupakan area perkebunan yang sangat luas di daerah perbukitan dengan ketinggian diatas 2000 Mdpl. Puncak tertingginya memiliki ketinggian 2900 Mdpl. Tidak berlebihan ketika Desa Argosari ini dijuluki “Negeri diatas awan” karena memang dari ketinggian itu terlihat berada diatas awan.
WP_001573
Diatas awan

Kawasan wisata Argosari menyuguhkan wisata alam yang sungguh indah. Perkebunan warga berupa tanaman sayur-sayuran seperti bawang pre, kubis, kentang, wortel, dan cabe membuat mata terpesona melihatnya. Perkebunan warga membentuk petak miring menyesuaikan kontur tanah perbukitan memang menjadi daya tarik tersendiri kawasan ini. Pada puncak B-29 terdapat dua view pemandangan yang sangat menakjubkan yaitu kawasan perkebunan Argosari yang membentuk barisan pegunungan Mahameru dengan puncaknya Semeru dan Kaldera lautan pasir bromo dengan awan tebal yang bergerak seolah menyapa wisatawan. Tak ketinggalan pula sunrise dan sunset menjadi andalan wisata ketinggian diatas awan dapat dinikmati disini.
WP_001525

Kaldera Bromo lautan pasir
WP_000863

Sunset tenggelamnya Gn. Semeru ditelan awan hitam
Wisatawan dimanjakan oleh perjalanan melewati pematang kebun sambil menikmati pemandangan dan hawa dingin. Kegiatan mendaki bukit menembus awan kabut dihadapan yang membuat jarak pandang semakin pendek memang sangat menantang dan mengasyikkan. Tak jauh dari tempat penitipan kendaraan, wisatawan juga akan disuguhkan jelajah religi berupa masjid dan pure Argosari serta puncak Arca di B-29. Bukan hanya itu, wisatawan akan menemui sambutan hangat dari warga setempat yang begitu ramah.
WP_001510

Greeting



WP_001579

Pure Argosari

WP_001562

Perkebunan Warga
NWP_140202_0013

Ditelan Kabut bersama Arca di Puncak B-29
NWP_140202_0015
Bersama 3 Arca Puncak B-29
Wisata alam bebas seperti ini sangat cocok untuk kalangan muda mudi yang berjiwa petualang, keluarga, hingga anak kecil sekalipun. Tak heran jika setiap harinya pasti ada saja yang berkunjung kesana baik yang hanya sekedar melihat keindahan alam ataupun camping for several days. Jadi tunggu apa lagi untuk berkunjung kesana? Bukitkan sendiri keindahan B-29 dan kawasan agrosari yang memukau dengan mata kepala anda sendiri!
Wisata ini memang masih baru terdengar di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun jangan khawatir tentang aksesabilisnya. Akses menuju wisata ini sangat mudah dengan menggunakan kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. 40 Km dari pusat kota Lumajang dapat ditempuh kendaraan bermotor sekitar 2 jam perjalanan. Dari pusat kota ambil arah Senduro kemudian belok kiri kearah Kandangtepus dan mengikut jalan hingga Desa Argosari. Jalur didominasi oleh tanjakan 10 hingga 40 derajat dan tikungan tajam khas jalur pegunungan pada umumnya. Jalan sudah beraspal mulus tanpa ada lubang. Setelah sampai di lokasi maka wisatawan akan disambut Selamat Datang di Kawasan Wisata B-29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Bisa meneruskan perjalanan menggunakan sepeda motor ekstra atau parkir dan mendaki sekitar 2 jam menuju puncak B-29. Pada musim hujan wisatawan disarankan untuk tidak membawa sepeda motor ke puncak karena jalan licin dan berbahaya.

WP_001569


Akses menuju Puncak B-29
WP_000861

Akses dari pusat kota menuju Desa Argosari
Berhubung wisata ini masih baru blow up diakhir tahun 2013 dan awal tahun 2014 ini maka harap dimaklumi bahwa tiket masuk masih belum jelas, jalan desa menuju puncak masih rusak dan belum di beton, transportasi umum masih belum ada, tarif transportasi menuju puncak tidak jelas, sampah berserakan di puncak, arca yang tak terawat di puncak dan puncak B-29 yang tidak ada fasilitas apapun termasuk tempat sampah, toilet, MCK. Dinas Pariwisata memang baru saja mengeksplor potensi wisata ini. Sepertinya Dinas Pariwisata Lumajang masih belum siap untuk menghadapi akibat dari banyaknya wisatawan yang datang, istilahnya masih serabutan asal ada potensi langsung keruk saja. Wajar jika masyarakat Desa Argosari berebut mencari nafkah dalam rangka terbentuknya wisata ini. Tentu sangat lebih baik jika Dinas Pariwisata mempersiapkan dengan matang lagi menyikapi blooming wisatawan yang datang.
Ada kabar burung kalau Dinas Pariwisata akan membentuk sanggar seni berupa ketrampilan menggambar, melukis, seni tari, seni rupa dll di kawasan wisata ini. Ini kebijakan baik, pak! Kita sebagai warga Lumajang akan mendukung kebijakan yang membuat lumajang lebih baik kok. Yuk bareng bareng melestarikan wisata alam Lumajang dengan tidak mencoret-coret fasilitas wisata yang ada dan membuang sampah pada tempatnya.
Kalau berkunjung kesini jangan lupa mampir ke wisata di sekitarnya yang tidak kalah seru ya.
WP_001474
Pure Mandhara Giri Semeru Agung

Semoga Lumajang semakin terkenal dan eksis di mata masyarakat luas. Sehingga kita percaya diri sebagai rakyat Lumajang dengan segala keindahan alam yang dianugrahkan Allah kepada kita semua. Salam Lestari.

sumber : http://hafidhmind.wordpress.com/2014/02/06/puncak-b-29-argosari-lumajang/
Blog, Updated at: 07.57

0 komentar:

Posting Komentar